top of page

Bijak Memilih: Perjalanan Dari Awal Hingga Memenangkan MIT Solve 2023, Apa Selanjutnya?

Diperbarui: 27 Des 2023


Logo Bijak Memilih

Awal Mula Bijak Memilih


Bijak Memilih merupakan sebuah gerakan independen yang diinisiasi oleh Think Policy dan What Is Up Indonesia (WIUI) yang hadir atas pemikiran Andhyta F. Utami (Afu) dan Abigail Limuria (Abi) yang merasa bahwa perlu adanya gerakan yang mendorong proses kampanye yang lebih berorientasi isu dan bukan sekedar politik identitas. Bijak Memilih hadir sebagai jawaban dengan berbagai kegiatan yang berbentuk diskusi, aspirasi, dan orasi serta kanal informasi melalui situs resmi https://www.bijakmemilih.id/.

Launching Fase 1 Website Bijak Memilih


Sejak awal terbentuk pada awal tahun 2023, Bijak Memilih telah mengembangkan website-nya, yaitu https://www.bijakmemilih.id/ melalui berbagai fitur di fase 1 yang telah launching pada bulan Maret 2023. Pada fase 1, website Bijak Memilih memberikan fitur mengenai pembahasan berbagai isu strategis (krisis iklim dan kerusakan lingkungan, korupsi dan hak sipil, ekonomi dan lapangan pekerjaan, kesetaraan dan inklusi sosial, pendidikan dan kesehatan) hingga meranah pada sikap partai terhadap isu tersebut, serta ada juga quiz yang bisa diikuti untuk mengetahui apa isu strategis yang penting untuk mu.
Munculnya fase 1 telah direspons positif seperti adanya dorongan serta dukungan yang tinggi dari masyarakat muda terhadap Bijak Memilih yang bisa mengakomodir kebutuhan literasi mengenai politik. Hal tersebut selaras dengan mimpi Bijak Memilih yang tinggi untuk membangun platform yang independen.

Bijak Memilih Mengikuti MIT Solve 2023 dan Menjadi Finalist


Seiring dengan peningkatan ide-ide lainnya, Bijak Memilih pun mengikuti kompetisi MIT Solve 2023 Global Challenges, yaitu sebuah kompetisi yang mencari wirausaha sosial yang menggunakan teknologi untuk memecahkan masalah yang paling mendesak saat ini. Bijak Memilih yang menjadi perwakilan Indonesia pun berhasil terpilih menjadi semi-finalist di bulan Juni dan melangkah lagi menjadi finalist pada kategori Learning for Civic Action Challenge di bulan Juli 2023.

Launching Fase 2 Website Bijak Memilih


Bijak Memilih terus bergerak dan berinovasi untuk menjadikan Bijak Memilih sebagai platform independen yang bisa diandalkan bagi anak muda menjelang Pemilu 2024. Akhirnya pada 11 September 2023, Bijak Memilih launching fase 2 yang membahas mengenai track record partai secara detail hingga terdapat rekam jejak partai. Launching fase 2 telah mengundang antusias yang lebih, terbukti pasca launching fase 2 terdapat 375.000 page views dalam 48 jam.
Setelah launching fase 2, Bijak Memilih semakin dikenal oleh masyarakat muda sebagai jawaban dari apa yang dibutuhkan saat ini. Di saat yang bersamaan, Bijak Memilih terus melanjutkan kiprahnya dalam MIT Solve 2023, alhasil Bijak Memilih terpilih sebagai pemenang utama MIT Solve Global Challenges 2023 pada kategori Learning for Civic Action Challenge mewakili Indonesia di antara ribuan solusi inovatif dari seluruh dunia. Selain itu, Bijak Memilih juga mendapatkan Community Award yang didapat melalui jumlah voters terbanyak, hal tersebut mencerminkan kuatnya dukungan yang diterima dari banyak pihak.

Kolaborasi Bijak Memilih Dengan YouTube


Pencapaiannya dalam memenangkan MIT Solve 2023 dan menerbitkan fase 2 tidak membuat semuanya cukup, Bijak Memilih akan terus membuka pintu untuk berkolaborasi, seperti kolaborasi yang baru saja dilakukan dengan YouTube dalam campaign #PauseDulu.
Florida Andriana menjadi panelis mewakili Bijak Memilih di acara #YukPahamiPemilu
Beberapa hari yang lalu, Florida Andriana sebagai Co-Founder dan Chief of Growth Officer Think Policy ikut serta sebagai panelis yang membahas bagaimana kita dapat dengan bijak mengatasi masalah misinformasi menjelang pemilu 2024 di acara #YukPahamiPemilu yang diselenggarakan oleh YouTube dan Google Indonesia.

Apa Inovasi Bijak Memilih Selanjutnya?


Selain membuka pintu untuk berkolaborasi, Bijak Memilih akan terus berinovasi dalam pengembangannya untuk menyambut Pemilu 2024 nanti. Oleh karena itu, Bijak Memilih sedang bersiap untuk menyambut fase 3 dan serangkaian acara kedepannya yang tentu akan menambah wawasan kita untuk semakin bijak dalam memilih pada Pemilu 2024 nanti.

Terima kasih kepada kalian semua yang telah mengikuti dan mendukung Bijak Memilih hingga saat ini. Perjalanan ini masih panjang, semoga Bijak Memilih bisa menjadi salah satu gerakan yang membawa negara ini lebih dekat menuju demokrasi yang kuat!

Ayo terus kunjungi https://bijakmemilih.id untuk mendapatkan informasi terkini mengenai fase selanjutnya maupun acara mendatang,

dan bijak-lah dalam memilih di Pemilu 2024 nanti!



Gabung Think Connect yang juga aktif berdialog dan berdiskusi soal pemilu


639 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page